Real Victory – 2Thessalonians 2:1-17

SUNDAY, 13 AUGUST 2017

Umat Tuhan adalah umat pemenang bahkan LEBIH dari pemenang Rm8:37! Bukan hanya sekali ataupun dua kali ataupun kadang-kadang menang, melainkan Tuhan berjanji bahwa kita akan berjalan di dalam jalan kemenangan 2Kor2:14. Bukan hanya berharap untuk menang dengan kemungkinan yang masih belum pasti, melainkan ada jaminan untuk menang karena Tuhan sendiri yang akan berperang ganti kita Kel14:14. Di akhir zaman akan ada begitu banyak tantangan, kesulitan, bahkan juga aniaya seperti yang sudah dijelaskan dalam 2Tesalonika fatsal pertama. Namun kita tidak perlu takut ataupun kecil hati dalam menghadapi semua masalah tersebut karena Tuhan sudah berjanji untuk memberikan kelegaan yang sejati bahkan juga kemenangan yang PASTI! Fatsal selanjutnya menjelaskan tentang antikris yang harus muncul terlebih dahulu sebelum rencana Allah digenapkan di akhir zaman. Membicarakan tentang antikris memang dapat menimbulkan ketakutan dan kekhawatiran karena iblis akan memaksimalkan usahanya melalui antikris. Namun demikian umat Tuhan yang berjaga-jaga tidak perlu takut karena kita akan dihindarkan dan diluputkan dari zaman antikris. Bahkan kita juga akan memerangi antikris bersama-sama dengan Tuhan Yesus dalam perang Harmagedon Why16:16.

 

7 Karena secara rahasia kedurhakaan telah mulai bekerja, tetapi sekarang masih ada yang menahan. Kalau yang menahannya itu telah disingkirkan, 8 pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali. 2Tesalonika 2:7-8

 

YANG HARUS TERJADI SEBELUM KEDATANGAN TUHAN

 

Salah satu tujuan dari surat 2 Tesalonika adalah memberikan penjelasan pada jemaat Tesalonika pada masa itu juga pada seluruh orang beriman di sepanjang zaman mengenai kedatangan Tuhan yang kadangkala dapat membingungkan sebagian orang. Dalam ilham Roh Kudus, rasul Paulus menjelaskan bahwa sebelum kedatangan Tuhan kedua kali akan terjadi lebih dahulu MURTAD (NKJV: the falling away) dan kemudian MANUSIA DURHAKA (NKJV: the man of sin, the son of perdition) 2Tes2:3-4. Definisi antikris pun diberikan dengan jelas oleh rasul Paulus, yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah, bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah. Antikris adalah manusia biasa yang mengizinkan kuasa Lucifer bekerja di dalam dirinya sepenuh-penuhnya sehingga dia melakukan hal yang sama persis seperti yang dilakukan oleh Lucifer dahulu Yes14:12-15.

Kata ‘antikris’ hanya muncul di surat Yohanes (1 dan 2 Yohanes) namun konsepnya dijelaskan di seluruh bagian Alkitab. Yohanes menjelaskan bahwa antikristus akan datang namun sesungguhnya sejak zaman dahulu telah bangkit banyak antikristus, yaitu mereka yang menyangkal baik Bapa maupun Anak 1Yoh2:18-22. Roh antikristus adalah roh iblis yang sekarang ini sudah ada di dalam dunia, namun mereka masih belum diberi izin untuk menyatakan diri sepenuh-penuhnya 1Yoh4:3. Meski demikian bukan berarti roh antikristus berdiam diri! Roh antikristus sedang terus bergerak dan bekerja, pergi ke seluruh dunia di sepanjang zaman, menyesatkan banyak orang untuk menolak Kristus dan tidak lagi mau mengakui adanya Allah yang benar 2Yoh1:7.

Penting untuk diperhatikan bahwa Alkitab sudah memberitahukan lebih dahulu bagaimana hebatnya pekerjaan antikris di akhir zaman! Kedatangan si pendurhaka, antikris, adalah pekerjaan Iblis dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda, dan mujizat-mujizat palsu (NKJV: with all power, signs, and lying wonders) 2Tes2:9. Kehadiran antikris sama sekali tidak menyeramkan sehingga mudah diterima bahkan disambut dengan baik oleh mayoritas penduduk dunia! Kedurhakaan diperkenalkan dengan cara yang sangat sopan, lembut, bahkan juga ilmiah sehingga manusia didorong untuk menerima, mengakui, bahkan pada akhirnya membela kedurhakaan tersebut dan mempertahankannya sebagai sesuatu yang benar. Kedurhakaan akan menyebar dan memenuhi seisi bumi! Di satu pihak, hal ini akan mempersiapkan jalan bagi antikris untuk menyatakan dirinya, dan di pihak yang lain, hal ini akan menjadi tekanan, penganiayaan, bahkan penindasan bagi umat Tuhan yang berkomitmen untuk tetap hidup kudus di dalam jalan kebenaran Firman Tuhan!

 

YANG MENAHAN ANTIKRIS

 

Rasul Paulus menjelaskan bahwa antikris sebenarnya sudah siap sedia namun masih ada yang menahannya. Akan datang saatnya di mana ‘yang menahannya’ akan disingkirkan, dan pada waktu itulah si pendurhaka akan menyatakan dirinya dengan sebebas-bebasnya, dunia dan segala isinya berada di bawah kuasa antikris, itulah saatnya kebenaran diinjak-injak tanpa batas dan iblis bekerja sepenuh-penuhnya.

Kuasa iblis tidak mungkin dapat ditahan dan dibendung oleh manusia. Hanya kekuatan dan kuasa Allah saja yang dapat menahan bahkan juga mengalahkan iblis. Berita baiknya, Allah juga ingin melibatkan orang-orang beriman untuk menjadi kawan sekerja 1Kor3:9. Kita dipanggil dan diberi kuasa untuk menjadi anak-anak Allah Yoh1:12. Kita diajak bekerja bersama-sama dengan Allah untuk menyelesaikan rencana ilahi Allah di atas dunia ini. Iblis juga menyadari rencana ilahi Allah untuk membawa orang masuk dalam Surga-Nya yang kekal sebab itu iblis juga terus bekerja dengan rajin dan gencar merebut jiwa-jiwa untuk dimasukkan dalam neraka.

Setidaknya ada 3 hal yang membuat Allah menahan pekerjaan iblis. Juga dapat dikatakan 3 angka yang ditunggu-tunggu oleh Allah sebelum kemudian iblis diizinkan untuk menguasai dunia dan segala isinya. PERTAMA, Tuhan menanti sampai jumlah orang yang mendengar kabar keselamatan digenapkan Mat24:14. KEDUA, Tuhan menanti sampai jumlah orang yang meresponi kabar keselamatan digenapkan, yaitu orang-orang yang diselamatkan di dalam karya penebusan Kristus Rm11:25. KETIGA, Tuhan menanti sampai jumlah orang yang bertumbuh sempurna digenapkan Why14:1.

Jadi secara sederhana dapat kita katakan bahwa Tuhan sendiri bersama dengan orang-orang kudus-Nya yang sedang beraksi untuk menahan pekerjaan antikris. Jangan takut dan jangan gentar untuk bersama-sama bekerja menggenapkan rencana ilahi Allah! Ketika semua angka itu digenapkan maka akan tiba saatnya bahwa ‘yang menahan akan disingkirkan’. Ketika umat Tuhan yang terus hidup dalam kesucian dan tetap berjaga-jaga masuk dalam pengangkatan, maka itulah saat di mana ‘yang menahan’ sudah tidak ada lagi! Umat Tuhan yang sejati diangkat dari atas bumi dan menikmati pesta bersama dengan Tuhan, suatu pesta meriah dan sukacita yang disebut dengan pesta perjamuan kawin Anak Domba Why19:7-9. Sementara ada perayaan di surga yang terjadi di bumi adalah sebaliknya! Kedurhakaan yang mulanya diterima sebagai trend baru yang menyenangkan dan dianggap modern akan berubah menjadi siksaan dan penganiayaan yang sangat mengerikan dan menakutkan karena si antikris akan menyatakan maksudnya yang sesungguhnya!

 

YANG MENGALAHKAN ANTIKRIS

 

Alkitab mencatat bahwa antikris hanya diberi kuasa untuk menginjak-injak halaman Bait Suci selama 42 bulan lamanya (sekitar 3,5 tahun). Setelah itu semua yang akan terjadi adalah kekalahan antikris karena Tuhan sendiri akan datang kembali dan membunuhnya dengan NAFAS MULUT-NYA (NKJV: with the breath of His mouth) 2Tes2:8. Tidak peduli betapa hebatnya antikris selama 3,5 tahun itu namun pada akhirnya dia akan dikalahkan dengan kuasa perkataan Tuhan! Firman Tuhan yang kita miliki adalah kuasa NAFAS MULUT TUHAN. Firman Tuhan yang seharusnya kita baca dan renungkan setiap hari adalah tulisan yang diilhamkan Allah (NKJV: given by inspiration of God) 2Tim3:16. Dalam bahasa aslinya, ‘diinspirasikan oleh Allah’ memiliki arti dihembuskan oleh nafas Allah. Firman Tuhan adalah RAHASIA KEMENANGAN umat Tuhan bahkan juga SENJATA ILAHI untuk mengalahkan pekerjaan iblis yang semakin dahsyat di akhir zaman. Tuhan Yesus mengalahkan segala tipu daya iblis di padang gurun hanya dengan kuasa perkataan Firman Tuhan. Bumi yang rusak oleh sebab kejatuhan iblis, sehingga bumi tidak berbentuk dan kosong Kej1:1, diubahkan oleh Allah hanya dengan kuasa perkataan-Nya. Demikian juga antikris yang tampak begitu hebat dan berkuasa juga dikalahkan dengan NAFAS MULUT-NYA.

Umat Tuhan harus memiliki kuasa nafas mulut Allah! Inilah kemenangan yang sejati dan mutlak. Segala hal di atas dunia ini akan berlalu dan lenyap, dunia dengan segala kemegahannya akan lenyap, namun Firman Tuhan tidak akan berlalu dan para pelaku Firman Tuhan akan tetap hidup selama-lamanya Luk21:33, 1Yoh2:17. Yang menjadi target antikris adalah orang-orang yang TIDAK MENERIMA dan TIDAK MENGASIHI kebenaran sehingga mereka mudah disesatkan dan dibinasakan 2Tes2:10. Sebab itu yang harus kita lakukan untuk tetap menang dan selalu menang adalah MENERIMA dan MENGASIHI kebenaran! Bukan hanya menerima dengan hati yang berat dan terpaksa melainkan menerima dengan penuh sukacita karena kita mengasihi kebenaran.

Di akhir fatsal yang kedua ini Paulus berdoa supaya jemaat lokal di Tesalonika juga semua orang beriman di sepanjang zaman terus berdiri teguh dan berpegang pada pengajaran Firman Tuhan 2Tes2:13-17. Mari kita terus berpegang pada Firman, merenungkan bahkan juga mencintai Firman Tuhan yang berkuasa untuk membawa kita terus berjalan dalam jalan kemenangan. AMIN.


Comments are closed.

Comments are closed.